Sunday, May 29, 2011

Ubah Cara Belanja Dengan Google Wallet

Google Wallet dan Offers Diluncurkan, Tempel, Bayar, Simpan Uang Pakai Android
Google baru saja mengumumkan layanan e-commerce baru yaitu Google Wallet dan Offers, yang disebutkan akan mengubah cara orang berbelanja. Dengan layanan ini dompet akan menjadi kuno dan orang hanya perlu menggunakan handset Android untuk membeli barang di toko.

Google Wallet adalah sebuah aplikasi Android yang beroperasi memanfaatkan chip NFC yang saat ini banyak terpasang di smartphone Android. Untuk saat ini metode pembayaran menggunakan ponsel ini baru bisa diimplementasikan di Amerika Serikat melalui operator Sprint dan Samsung Nexus S 4G, dengan mitra antara Citi Bank, MasterCard dan First Data. Toko yang menerima pembayaran lewat Google Wallet untuk pertama kalinya adalah Subway, American Eagle, Macy's dan American Outfitters selain beberapa lainnya.

Layanan Google Offers berkaitan erat dengan Wallet. Setelah seseorang membeli di suatu toko yang berpartisipasi maka seseorang akan bisa memperoleh kupon khusus atau poin yang bisa digunakan nantinya. Sepertinya Google Offers bermaksud untuk bersaing dengan Groupon, pemimpin di pangsa pasar ini. Aplikasi Google Wallet bukan hanya untuk membeli barang-barang konsumsi namun juga bisa digunakan untuk membeli tiket, menyimpan data pribadi, seperti halnya dompet biasa.

Google Wallet juga bisa dipakai pada smartphone Android yang tidak memiliki chip NFC. Diperlukan sebuah stiker khusus yang akan dikenali oleh toko yang menyediakan layanan Google Wallet untuk layanan ini dimana data transaksi kemudian dikomunikasikan melalui awan internet ke aplikasi yang ada di handset Android tersebut. Namun begitu layanan Google Wallet untuk handset Android tanpa NFC ini tampaknya akan lebih terbatas daripada yang tersedia di smartphone Android yang memakai chip NFC.

No comments:

Post a Comment