Tuesday, May 3, 2011

BlackBerry OS 7 Dapat Mengalahkan iOS dan Android

Perbaikan yang dilakukan RIM terhadap browser baru BlackBerry OS 7 memberikan hasil menggembirakan. Bahkan secara menakjubkan, browser Blackberry OS 7 mampu mengungguli browser Mobile Safari dan Android Browser pada sisi JavaScript dan waktu penampilan halaman (page loading).



Uji coba dilakukan pada ponsel baru BlackBerry Bold Touch 9900, yang merupakan pesaing terdekat iPhone 4, Google Nexus One dan Nexus S. Hasil uji coba menunjukkan browser baru BB OS 7 menampilkan halaman 1,6 kali lebih cepat daripada browser versi lama. BB OS 7 hanya membutuhkan 7,8 detik untuk menampilkan halaman, sedangkan versi lama membutuhkan 12,4 detik.



Kecepatan juga terasa saat panning dan zooming, meskipun tidak ada informasi data yang dirilis RIM soal kecepatannya.

Mesin JavaScript yang diperkuat JIT compiler serasa terbang melebihi kecepatan mobile browser yang ditanam di iOS dan Android. BlackBerry Bold Touch 9900 menjalankan benchmark JavaScript Sunspider dengan kecepatan 2,84 detik sedangkan iPhone 4 menjalankannya dengan kecepatan 3,23 detiks dan dua produk Google droid menjalankannya 5 dan 6 detik. Di versi terdahulu, browser BlackBerry OS 6, aplikasi itu dijalankan dengan kecepatan 10,8 detik.

Setelah ditilik lebih lanjut, kecepatan OS baru andalan RIM ini terletak pada Qualcomm CPU yang tertanam di Bold Touch 9900 yang berkecepatan 1,2GHz. Yeah, tapi apapun itu, hasilnya memang tidak mengecewakan. Good job, RIM!
<via teknoup>

No comments:

Post a Comment