Wednesday, May 18, 2011

Apple Mencatat Rekor Guiness

Apple mencatatkan diri di buku rekor Guiness 2011 berkat kedigdayaan ponsel Phone 4, serta toko aplikasi App Store belum lama ini. Pemberi rekor ternama ini memberikan banyak sekali penghargaan terhadap Apple, terutama di edisi Gamer.

Guiness membandingkan penjualan iPhone 4 dengan PlayStation Portable (PSP) milik Sony serta Nintendo DS, yang notabene merupakan perangkat game portable sungguhan. Saat diluncurkan November 2004 lalu, DS berhasil terjual sebanyak 500 ribu unit. Sementara PSP mencatat penjualan 200 ribu unit ketika diperkenalkan 2005 lalu

Berikut adalah rekor baru yang dicapai oleh Apple:
  • Sistem game portabel paling cepat terjual - iPhone 4: Para analis memperkirakan iPhone 4 terjual 1.5 juta unit di hari pertama, menjadikannya yang tercepat di sejarah perangkat gaming portabel. Sebagai perbandingan Sony PSP terjual hanya 200.000 unit saat peluncurannya di tahun 2005 dan Nintendo DS butuh seminggu untuk menjual 500.000 unit saat peluncurannya di tahun 2004. "Peluncuran iPhone tidak saja mengubah industri ponsel, tapi juga dunia video game," ujar Guiness World Records Gaming Editor Gaz Deaves.
  • Toko aplikasi paling populer - Apple App Store: Tidak diragukan lagi, "Dengan daftar pilihan App Store yang tidak terbatas serta perangkat intuitif, Apple telah menciptakan ruang besar untuk mereka dalam genre casual game yang mampu menghadirkan hiburan kepada penggunanya dimanapun mereka berada," tambah Gaz Deaves. Toko aplikasi Apple telah mencapai 6.5 miliar unduhan sejak diluncurkan bulan Juli tahun 2008 lalu. Toko aplikasi ini juga telah menampung lebih dari 250.000 aplikasi yang dapat diperoleh gratis/berbayar.
  • Toko video game download terbesar - Apple App Store: Selain aplikasi, Apple juga menjadi toko game terbesar dengan pilihan sebanyak 37 ribuan game yang dapat diunduh di toko aplikasi Apple. Ini merupakan yang paling besar bila dibandingkan dengan layanan Xbox Live dengan 1300 judul game dan Virtual Console Store untuk Wii yang hanya memiliki 576 judul game.
  • Jajaran line-up sistem gaming terbesar yang pernah ada - Apple App Store: Toko Aplikasi ini diluncurkan tanggal 10 Juli 2008 lalu langsung dengan 500 aplikasi (diantaranya ada 145 game) yang merupakan line-up terbesar yang pernah ada dari sistem gaming.
  • Game berbayar paling teratas di hampir seluruh negara - Angry Birds (Chillingo): Game Angry Birds memang bukan dibuat oleh Apple. Namun Apple khususnya perangkat iOS berperan penting dalam mengangkat nama Angry Birds hingga dikenal luas seperti sekarang ini. Angry Birds berhasil menjadi game berbayar paling terkenal di toko Aplikasi Apple di 67 negara secara global. Game ini dirilis oleh pengembang game Chillingo pada 10 Desember 2009 dan telah melampaui 6.5 juta kopi hingga saat ini.
Bila melihat iPhone 4 berhasil mendapatkan rekor Guinness tersebut, sepertinya para produsen perangkat khusus gaming harus waspada dan lebih berhati-hati. Disadari atau tidak, kehadiran smartphone telah membuat konsol game portabel semakin ditinggalkan, apalagi manfaat dan penggunaan smartphone jauh lebih luas ketimbang konsol game.

Mari kita lihat saja perkembangannya, apakah toko aplikasi Apple ini akan bertahan lama ataukah justru berpindah tangan ke Android Market. Kita tunggu saja.

No comments:

Post a Comment