Wednesday, April 20, 2011

Menurut Survey Pengguna Android Membenci iPhone

Persaingan dunia teknologi ternyata tak jauh berbeda dengan kompetisi olahraga, di mana penggemar setiap kubu mati-matian membela 'tim' mereka. Setidaknya itu yang terlihat pada survei Business Insider terhadap pengguna smartphone.

Baru-baru ini Business Insider mengadakan survei seputar penggunaan ponsel pintar yang akhirnya mendapat lebih dari 2.000 respon. Dari survei itu, terlihat jelas bahwa persaingan sengit antara iPhone dan Android juga terjadi di kalangan penggemarnya.


Sebagian besar responden adalah pengguna Android (51,4 persen), diikuti oleh iPhone (33 persen), BlackBerry (8,3 persen), Windows Phone 7 (3,1 persen), Palm (1,6 persen) dan lainnnya (2,6 persen).

Sebanyak 85 persen responden mengaku berencana membeli smartphone baru dalam kurun dua tahun ke depan, di mana 92 persen ingin membeli produk terbaru dan termahal. Sementara 8 persen lainnya mengaku ingin membeli ponsel model lama yang lebih murah.

Mayoritas responden (54,4 persen) tertarik membeli ponsel berbasis Android dan iPhone (33,6 persen) ketimbang BlackBerry (3 persen), WP7 (3,7 persen) ataupun platform lainnya.

Sebagian besar pengguna iPhone mengklaim tidak ingin mengganti ponselnya dengan Android ataupun BlackBerry saat mereka meng-upgrade ponsel mereka (59,3 persen), kecuali jika kedua platform itu menawarkan banyak keunggulan yang tidak dimiliki iPhone.

Sementara, 55,7 persen pengguna Android mengaku tidak akan ‘hijrah’ menggunakan iPhone karena mereka "benci Apple". Sebanyak 31,2 persen akan mempertimbangkan membeli iPhone jika bisa bekerja dengan baik dengan produk-produk selain Apple.

Platform (38,2 persen) dan fitur (33,1 persen) masih menjadi pertimbangan utama konsumen dalam membeli smartphone. Pertimbangan lainnya termasuk pilihan aplikasi (8,1 persen), migrasi data yang mudah (3,9 persen), harga (3 persen) serta operator yang menawarkan (7,2 persen).

No comments:

Post a Comment