Tuesday, April 26, 2011

Aplikasi Mana Yang Akan Menang?

Hubungan antara Apple dan Samsung saat ini sedang menjadi topik panas di kalangan gadget mania. Namun disadari atau tidak ini tidak terlepas dari perperangan sengit dari sistem operasi iOS dan Android yang sudah berlangsung sejak lama, setidaknya setelah Android naik pesat dan mulai menggerogoti pangsa pasar iOS dan OS Smartphone lainnya seperti BlackBerry.





Sebenarnya apa yang begitu berbeda dengan iOS dan Android? Semua pasti setuju dengan mengatakan ketertutupan melawan keterbukaan. Ada lagi satu faktor penting yaitu aplikasi, platform mana yang menurut anda lebih disuka para pengembang?

Berbicara soal aplikasi, saat ini iOS terlihat lebih banyak mendapat perhatian dari para pengembang, begitu juga bagi para pengguna gadget yang menginginkan ragam aplikasi yang kaya. Hampir semua orang beranggapan untuk urusan aplikasi, iOS lebih baik daripada Android meskipun Google telah berusaha agar membuat aplikasinya semakin banyak dan menarik.

Sebagai perbandingan saat ini aplikasi iOS berjumlah sekitar 350.000 aplikasi melawan aplikasi Android yang berjumlah 150.000 aplikasi. Meski begitu perlu dicatat kalau ponsel Android memiliki ekosistem yang sangat luas dengan dapat berjalan di berbagai perangkat dari berbagai vendor dan lebih menjangkau semua segmen (low-end ke high-end). Sedangkan iOS sendiri hanya bisa berjalan di hardware yang sangat terbatas, yaitu keluaran Apple.



Setidaknya meski Android terlihat masih kalah telah dari aplikasi saat ini, bisa saja kedepannya akan semakin mengejar ketertinggalannya dengan Apple, setidaknya dari jumlah aplikasinya lebih dulu. Aplikasi untuk tablet Android juga sempat mendapat kritik cukup tajam karena masih sangat sedikit ketika hardwarenya telah diluncurkan (hanya 100 aplikasi).

Akankah aplikasi Android mengalahkan iOS di tahun ini atau tahun depan?

No comments:

Post a Comment