Wednesday, December 28, 2011

Teknologi Thunderbolt. pada Apple

Apple adalah vendor yang pertama kali gencar dalam menyosialisasikan Thunderbolt ke dalam produk-produknya di awal 2011. Sebut saja MacBook Pro, MacBook Air, iMac, dan MacBook Mini yang sudah menggunakan teknologi Thunderbolt.

Apa itu Thunderbolt?
Thunderbolt (sebelumnya bernama Light Peak) adalah teknologi I/O (input output) terbaru dari Intel yang menawarkan transfer data berkecepatan tinggi melalui Display Port atau PCI Express.

Dengan menggunakan teknologi Thunderbolt, transfer video dan file bisa mencapai kecepatan 10Gbps. Kecepatan ini lebih cepat dari USB 3.0 dan lebih cepat 20 kali dari teknologi USB lama versi 2.0.

Apple langsung mengadaptasikan Thunderbolt ke dalam produk terbarunya di awal tahun 2011 kemarin dengan menggunakan Display Port. Karena itu tak heran jika produk Apple untuk saat ini adalah yang tercepat dalam hal transfer data.

Mengusung ‘keberhasilan’ Apple ini, beberapa vendor terkemuka memutuskan untuk mengekor jejak Apple. Siapa saja mereka?

Asustek Computer, ASRock, Canon, Gigabyte Technology, dan Sony dikabarkan akan menggunakan Thunderbolt yang rencananya bakal direalisasikan pada April 2012.

Karena mulai banyak peminat, Intel akan menurunkan biaya adopsi Thunderbolt di tahun 2012 sembari menerapkan secara bertahap akan standar teknologi Thunderbolt.



No comments:

Post a Comment