Friday, December 30, 2011

Netbook Chip Intel Untuk Pesaing Tablet


Setelah meluncurkan chip Oak Trail yang khusus untuk perangkat tablet, kali ini Intel menyatakan siap memasarkan chip khusus untuk netbook, dengan nama chip yang hampir mirip, yakni Cedar Trail. Produsen-produsen PC, di antaranya Hewlell-Packard, Acer, Lenovo, Toshiba, Asus, dan Samsung akan menggunakan platform Cedar Trail sejak Januari 2012 dengan kisaran harga 199 dollar AS.

Cedar Trail adalah system-on-a-chip (SoC) yang memiliki dua inti (dual core) dan digadang dapat membantu baterai lebih tahan lama, serta secara keseluruhan membantu kinerja netbook. Intel Atom yang diperkenalkan dua tahun lalu akan diperbarui dengan kehadiran chip ini sehingga mengurangi konsumsi daya hingga 20 persen. Dengan chip ini, baterai akan bisa bertahan hingga 10 jam pemakaian.

Chip ini memungkinkan netbook memutar video high definition dan dukungan terhadap HDMI port (high-definition multimedia interface port) di chipset yang memungkinkan netbook bisa terhubung dengan televisi kualitas HD. Chip baru ini dibuat dalam dua jenis, yakni N2600 yang berjalan pada 1,6 GHz dengan daya 3,5 Watt. Jenis lainnya adalah adalah N2800, yang berjalan pada 1,86 GHz dan daya 6,5 Watt.

Chip Cedar Trail adalah langkah penting Intel untuk "membangkitkan" platform netbook, yang terus menurun seiring meningkatnya permintaan tablet, terutama Apple iPad. Meskipun permintaan netbook sudah jauh berkurang di Amerika Serikat dan Eropa Barat, permintaan netbook masih tumbuh pesat di beberapa negara seperti India dan China.

Sebelumnya Intel telah memperkenalkan chip Cedar Trail untuk desktop pada September 2011. Sementara itu, chip untuk tablet diperkenalkan pada Maret 2011 dengan nama Oak Trail. Untuk melengkapi seri chip tablet, berdasarkan permintaan tablet yang meningkat, Intel juga akan memperkenalkan dua chip terbaru lainnya, yakni chip Medfield atau Clover Trail. 

No comments:

Post a Comment