Thursday, March 24, 2011

Apa yang Ditawarkan Sandy Bridge?

Intel perkenalkan prosesor dengan integrated graphics
Intel secara resmi mengumumkan jajaran prosesor Sandy Bridge pada ajang Consumer Electronic Show (CES) Las Vegas, menyibak tabir yang menyelimuti keluarga baru prosesor Core yang terdiri dari lusinan chip, dengan varian chip lainnya menyusul kemudian tahun ini juga. Chip ini akan masuk dalam jajaran prosesor i3, i5, i7 bikinan intel, dengan versi quad core sudah tersedia sejak 9 Januari 2011. Chip dual-core akan tersedia pada triwulan pertama tahun ini. Lalu apa yang ditawarkan chip ini pada pengguna?

Overview
Prosesor Sandy Bridge bikinan intel terdiri dari chip dual-core, quad-core, six-core, dan enam-core untuk desktop dan laptop. Pada generasi terakhir chip iSeries, prosesor dual-core dan six-core telah beralih ke proses manufacturing 32-nanometer. Namun, quad-cores lama tetap menggunakan proses 45-nm. Kali ini semua prosesor baru dibuat dengan proses 32-nm, sehingga memberikan lebih banyak transistor dalam quad-cores dari pendahulunya.

Graphics
Fitur menarik dari chip Sandy Bridge adalah mereka mendesain khusus untuk memiliki prosesor grafis sendiri, mirip dengan AMD Fusion, yakni chip APU (Accelerated Processing Unit) yang dikembankan oleh AMD. Prosesor intel terbaru ini meletakkan prosesor grafis, microprosesor, dan kontroler memori dalam satu chip. Sementara power user dan gamer biasanya memilih menggunakan kartu grafis terpisah yang lebih kuat, prosesor grafis dalam Sandy Bridge sudah cukup baik buat kebanyakan pengguna. Keuntungan menggunakan chip jenis ini adalah tidak dibutuhkan lagi menyambung prosesor grafis ke CPU, karena keduanya kini berada dalam sati chip. Ini memendekkan jalur informasi antara kedua prosesor tersebut, serta mengurangi panas dan menghemat daya.
Kekuranggannya, pengguna tidak akan mendapatkan performa grafis layaknya kartu grafis terpisah. Pengguna yang menjalankan aplikasi berat mungkin akan menemukan lag saat memutar video dan waktu yang lambat ketika merender grafis.

Chip details

i3 : Chip Core i3 adalah versi low end dari jajaran Core iSeries. Semua varian ini adalah chip dual-core untuk desktop dan laptopm dan baru akan tersedia pada bulan februari. Chip inipunya beberapa fitur baru, termasuk teknologi Wire-less Display Intel, yang memungkinkan pengguna menonton konten digital berkualitas tinggi secara nirakabel dari computer ke TV. Chip ini juga dibekali dengan Intel Insider, teknologi anti-piracy yang mencegah pengguna menyalin konten film online.

i5 : Chip i5 juga memiliki teknologi Intel Insider dan Wireless Display, serta :
·         Quick Sync Video : berperan sebagai polisi traffic di dalam prosesor. Fitur ini membagi tugas video ke bagian integrated grafis yang ada di dalam chip, sehingga meringankan beban CPU.
·         Turbo Boost : Secara otomatis menyalakan dan mematikan core jika dibutuhkan. Jika computer denga quad-core prosesor hanya membutuhkan satu core, tiga core akan dimatikan untuk menghemat daya, atau membagi kekuatan mereka ke core yang aktif. Core yang tidur akan menyala secara otomastis jika dibutuhkan.
·         HyperThreading: memberikan dua thread, ketimbang satu, per core. Software ditulis pengembang agar beban kerjanya dibagi ke thread-thread yang ada.

i7 : Chip i7 adalah prosesor high-end dari keluarga Sandy Bridge. Ia memiliki semua fitur yang ditawarkan jajaran i5, dan adalah prosesor desktop dan laptop dengan quad-core. Chip i7 untuk laptop juga hadir pada bulan Februari yang lalu, dengan chip six-core dan eight core dikapalkan pada semester dua tahun ini.

No comments:

Post a Comment